Repost; Pengorbanan


Repost from my old blog.. lagi nostalgila.. enjoy..

Semua orang pernah berkorban untuk orang lain. Buat gue, pengorbanan itu penting. Harus ada yang lo lepas untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik (at least menurut kita sendiri).

My stories, selama 22 taun gue nafas, pengorbanan terbesar dalam hidup gue menyangkut orang tua gue dan pacar gue.

Pertama, gue berkorban, demi mereka, gue rela sekolah 6 taun di SD, 3 taun di SMP, 3 taun di SMA, belom lagi 2,5 taun kuliah, dan akan datang lagi, lanjutin kuliah ke jenjang selanjutnya. Hihi, childish ya gue, tapi to be honest, tujuan utama gue sekolah adalah untuk nyenengin emak bapak gua. Heheh. Thanks to them, bekal pengorbanan bikin gue jadi bisa kerja.

Waktu SD kelas 6, gue pernah ikut les di TEKNOS, ok, ini emang keisengan gue, gue bosen dengan rutinitas gue, so, gue maksa ikut les pelajaran (dulu gue gak pernah les pelajaran, maaf yah, sini pinter sih waktu kecil, hkahk).
Di Teknos itu gue ketemu orang-orang baru. Sebut aja Meza sama Yuzar (haduh, ini sih nama asli). Si Meza anaknya cantik,ramah dan kalo les pasti ditungguin sama pembantunya. Si Yuzar bandel, norak, tukang nyela, gerombolan anak yang duduk di bangku paling belakang.
Sementara gue, kalo dateng les selalu telat, sok mandiri, naik sepeda dari rumah ke tempat les yang lumayan jauh, dan duduk di bangku tengah-tengah kelas.
Gue anak yang aktif jawab pertanyaan dari guru. Ngacung terus dah pokoknya telunjuk gue!
Otomatis dong, citra gue sebagai anak “pintar, manis dan baik hati” terekam di benak temen-temen (kaliiiii).
Suatu ketika, gue suka sama temen si Yuzar, gue juga lupa namanya siapa, mari kita sebut dengan si Ganteng, salting dong gue kalo lewat di depan dia, liat-liatan, sok malu-malu..
Nah, pas bubaran les, Yuzar and the geng selalu duduk-duduk di depan kelas. Yap, disana juga ada si Ganteng. Pelan-pelan gue jalan di depan mereka, berharap si Ganteng senyum sama gue. Tapi tiba-tiba, si Yuzar kampret ini manggil gue dengan lantangnya :

“Eh ASPAL, mau pulang ya?!”

Cai!! (Biar alus aja, kita ganti huruf T jadi C yah)
Man, aspal itu ITEM, GESENG, KOTOR, IRENG, DEKIL, DEBU, hina banget buat gue dikatain kaya gitu. Emang sih gue item, tapi kan…tidak manusiawi..hiks..hiks.. Anjrit, jatohlah harga diri gue, emang dasar anak SD, sampe rumah gue langsung nangis. Menanggung malu, beban moral dong, dikatain aspal di depan si Ganteng.

Besoknya, impian gue jadi nyata, si Ganteng negor gue, walaupun tetep pake embel-embel, ASPAL. (Makasih ya Jar, ga berubah lo sampe sekarang!heheheh)
–eh, ga nyambung ya sama topik gue? Tapi bisa jadi salah satu contoh pengorbanan kan???berkorban dipanggil julukan aspal demi disapa si Ganteng,ahakhka–

Okey, sekarang buat si Pacar,
Dia ini pacar gue (atau sebut ajalah begitu), enem taun gue bareng-bareng sama doi (haaa, doi??), gak ada masalah yang serius selama gue jalanin hubungan ini.
Sampe suatu ketika, gue dan dia udah beranjak gede, mulai kenal dunia pertemanan yang lebih luas, mulai kenal kata-kata TTM (gue benci yang buat singkatan itu, sumpe deh), mulai saling membohongi dan setelah kejadian demi kejadian, hubungan gue berantakan.

Sayangnya, kesalahan terakhir gue bikin dia jadi bener-bener berantakan.
Beberapa hari dia gak pulang ke rumah. Saat dia gak pulang ke rumah, gue tetep dateng ke rumah dia, ketemu sama Mamanya, nginep disana, ngobrol sama Mamanya. Entah apa yang dia lakuin di luar sana. Sepulangnya dia, kebetulan gue juga masih di rumahnya, sodara-sodara, dia bahkan gak mau gue pegang! Gak mau gue peluk! (jangankan meluk, ngeliat muka gue aja dia gak mau!) kampret.

Mungkin, cewek normal bakal langsung pergi, ninggalin dia gitu aja, tapi sayang, gue udah gila, gue bahkan gak tau apa yang gue lakuin.

Gue berdiri di depan dia, dengan segenap tenaga dan kaya orang kesurupan, gue tampar. Ini pertama dan terakhir kali gue nampar dia. (Kayaknya gue bisa ngelebihin Raam Punjabi nih).

Gue pikir tamparan gue bakal bikin dia sadar. Tapi ternyata justru kebalikan, dia semakin marah. Harga diri, katanya.

Mulai saat itu, gue selalu berdoa biar dikasih jalan yang terbaik. Doa standar, bila Ia jodohku, dekatkanlah, bila bukan, jauhkanlah. Pretty simple isn’t it?

Believe it or not, walaupun sampe sekarang gue gak tau dia jodoh gue atau bukan, gue selalu dikasih jalan untuk ketemu sama dia. Dan lagi, gue bukan orang yang ngelepasin gitu aja tanpa usaha. It’s all about the efforts.

Jalan yang keliatan jelas banget, waktu tiba-tiba dia sakit. Gak ada angin gak ada ujan, dia sakit.
Orang tua dia lagi gak di Jakarta. No one.

He called me, dengan suara yang lebih mirip kaya desahan (gue curiga, dia lagi ngapain sih sebenernya?), aku sakit..tolongin aku..

As he hung up, gue langsung ke rumahnya.
Dia bener-bener gue rawat, gue kompres, gue masakin apapun yang ada, bener-bener jadi perawat deh.
I stay for the night.
Make sure panasnya turun.
Mulai saat itu, gue sadar, this is it, gue gak boleh ragu, gue rela ngorbanin apa aja buat dia (hahaha,bencong banget kata-kata gue).

Selangkah demi selangkah, pelan tapi pasti, gue diterima dengan baik sama dia. And it wasn’t about the thrill of the chase. It’s about loyalty, commitment, feelings and..him..

Seiring dengan perngorbanan yang gue lakuin, gue semakin berkembang. Gue kuncup yang jadi bunga buat dia (Aduh, apa sih ti??). Gue menjadi seseorang buat gue dan buat hubungan ini. I will make everything worth the pain.
I sacrificed everything, and so did he.

We sacrifice it all for that one amazing moment, that moment when you can legally call yourself a surgeon. There are days that make the sacrifices seem worthwhile. And then there are the days where everything feels like a sacrifice. And then there are the sacrifices that you can’t even figure out why you’re making.
– Meredith Grey –

2 thoughts on “Repost; Pengorbanan

Leave a Reply

