Me and Mama


Gue denger kabar-kabar gak terlalu enak belakangan ini. Dari mulai PHK (yang biasanya gue denger di berita doang), ternyata ada satu orang sodara gue yang terancam dirumahkan karena pemutusan kerja sama antara kantornya dan salah satu provider tingkat atas di Indonesia.

Kedua, baru aja kemarin denger-denger cerita si mama tentang ‘perselingkuhan’ di dunia mereka yang udah berumah tangga. Not actually selingkuh, tapi ada cewek gitu yang terlalu ‘akrab’ sama suaminya. Gue gak mau nyeritain yang itu, tapi boleh dong kalo gue ceritain tentang pengalaman nyokap gue, kan bisa jadi pelajaran juga.. :D

Dulu si mama sempet sebel sama Papa gara-gara ada cewe gak dikenal tiba-tiba sms ‘selamat ulang tahun’. Mama langsung cari tau (gue gak ngerti gimana caranya dia bisa tau pada akhirnya) kalo ternyata cewe ini adalah mantan bokap gue. Jreng-jreng. Kaget dong. Kok bisa-bisanya dapet nomer babe gue. Ya sutralah, karena ngambek sama bokap gue gak ngaruh, karena bokap gue ngerasa gak ada apa-apaan dan ditanggepin dengan santai, jadilah tu nyokap gue nelpon si cewe ini.

Kalo gue sih nih ya, kalo pacar gue ada sms ngucapin selamat ulang taun, gue ga akan bereaksi apa-apa. Mungkin kalo itu sms buat suami gue pun, gue ga akan jadiin masalah besar.

Tapi setelah gue bilang begitu ke mama, dia bilang gini..

“Gak bisa begitu kalo udah berkeluarga, apalagi semua udah di jalannya masing-masing.. Ada urusan apa harus jelas,”

Ya..ya..gue cuma ngangguk-ngangguk..

Gue sangat kagum sama nyokap gue yang punya prinsip kuat banget. Yes, dia sangat prinsipil. Pikirannya gak akan terpengaruh sama jaman. Apa yang dia anggap benar selalu dia pertahankan. Bukan karena egois, tapi karena dia tau mana yang baik dan mana yang ngga.

Contohnya, waktu gue SMA dulu, gue selalu iri sama temen-temen gue yang selalu dapet izin untuk keluar sampe tengah malem, sementara nyokap gue paling gak suka gue pergi sampe malem. Suatu waktu, nyokap gue marah besar gara-gara gue belum pulang jam 2.30 pagi. By phone, nyokap gue secara gak sadar ngeluarin kata-kata yang gak enak banget ke gue. Gue kaget. Gue sakit hati. Intinya, gue marah.

Yang bikin gue nyesel sampe sekarang, gue cuekin si mama sampe sebulan gara-gara masalah itu. Dulu gue gak bisa ada dalam satu ruangan sama dia. Bayangin, satu bulan, gak tegur sapa sama mama, gak komunikasi, walaupun masih dalam satu rumah.

Akhirnya perang dingin itu luntur waktu nyokap gue mau pergi Haji.

*SINETRON SCENE WARNING*

Yak, setelah bokap, ade dan kakak gue masing-masing di kasih petuah dan salim-saliman sama mama, giliran gue.

Semua orang pun keluar dari kamar.

Tinggal gue sama mama.

Gue dengan cueknya tidur di tempat tidur sementara nyokap gue duduk diatas sajadah, lengkap dengan mukenanya.

She said sorry..dan berharap gue ngerti kenapa nyokap gue harus bersikap keras sama gue.

Mama bilang, maaf harus keluar kata-kata itu, tapi mama harus nunjukin seberapa mama gak mau kamu kenapa-kenapa..karena kamu special..karena mama sayang sama kamu..dan karena kamu anak mama..

OK.STOP.

Gak usah dilanjutin ye, abis itu gue langsung meluk nyokap gue erat-erat sambil nangis..dan..bla..bla..bla…sinetron abis.

Where were we?

Oh, iya. Prinsipil.

Mantaff deh emak gue pokoknya. Wanita yang memegang teguh prinsipnya. That’s why, dia punya harga diri yang sangat tinggi dan menjunjung tinggi kehormatan wanita dan keluarga. That’s why, nyokap gue selalu pesen supaya selalu jaga nama keluarga diluar sana. That’s why, it is a burden for me cause I don’t think i can. That’s why, I always need my mum to be my guide. That’s why, gue agak sering bohong sama dia karena dia gak terlalu adaptif sama jaman, jadi bandel-bandelnya gue, she doesn’t need to know (dan itu membuat gue jadi anak tidak berbakti….huuuuuu…sedyiiihhh). Gue agak kaget waktu minggu kemarin si mama (lagi-lagi) nemuin sebungkus rokok di dalam tas gue, dia bisa bersikap sangat tenang dan cuma bilang ‘kalo kamu ngerokok di kantor, gak didepan orang-orang kan?’, gue menjawab dengan gelengan kepala (iyalah, masa geleng kaki), dan cuma pesen satu hal ‘jangan, nanti ketagihan dan gak bisa lepas’. That’s it. (rokok gue diambil bo tapinya, huh).

Ah yes, semakin si mama membebaskan gue, semakin gue punya beban yang besar untuk gak nyakitin hati dia. Huff..berat jg ye jadi anak… (apa sih ti).

Apalagi jadi CUCU.

MAN.

Yang namanya Mbah gue itu, LEBIH LEBIH lagi dari nyokap gue. Hkahkakha.

Ah, tapi, tetep, I adore them, like, A LOT.

LONG LIVE MAMA, LONG LIVE MBAH!!

Asta la vista bebe…!!

3 thoughts on “Me and Mama

Leave a Reply

