Priceless Smiles :)


Setiap tahun, saya dan teman-teman selalu berusaha untuk ngadain acara bakti sosial di bulan ramadhan (tahun lalu disini). Tahun-tahun sebelumnya, kita adain di panti asuhan yatim piatu yang bener-bener membutuhkan uluran tangan kita.

Untuk tahun ini, agak sedikit berbeda. Kita (atas nama alumni SMU 71 angkatan 2004),  memilih untuk mengunjungi Yayasan Sayap Ibu di daerah Bintaro, sesuai dengan rekomendasi teman kami.

Sayap Ibu menampung anak-anak cacat ganda yang ditelantarkan orang tuanya. Apa sih cacat ganda? It is cacat fisik dan mental. Kebanyakan adik-adik disana menderita cerebral palsy. Ada juga beberapa anak yang menderita Hydrocephalus.

You really have to know, sesaat saya sampe disana, saya sekuat tenaga nahan biar ga cengeng. Kita sampe kira-kira jam 4 sore. Jadi disana ada beberapa anak cerebral palsy yang masih bisa aktif, komunikasi lancar, walaupun harus duduk di kursi roda khusus. Di teras depan, ada Pipi (cerebral palsy, paling komunikatif, bisa nyanyi lhoh, dia apal lagu Ello sama Kepompong! mau liat Pipi nyanyi? Monggo click away –Bal pinjem komunitas mignya ya, hehe–), Nurul (cerebral palsy, stroke lumpuh badan sebelah kiri), Ucup (cerebral palsy, kurang bisa komunikasi) dan Ubay (cerebral palsy, paling ceria diantara yang lain, gak pernah ketinggalan salat 5 waktu). Sementara ade-ade yang lain gak bisa turun dari tempat tidur.

Saya masuk ke kamar mereka. Pertama, di deket pintu, saya ketemu Berti (Hydrocephalus, ga bisa ngeliat–most of them are blind–, kondisi udah terlampau parah, yayasan cuma merawat dia dengan sebaik-baiknya aja). Saya mendekati Berti pelan-pelan. Ini pertama kalinya saya berinteraksi sama adik kecil, eh, siapapun yang menderita penyakit ini. Saya genggam tangan kanannya. Oh, look, Berti is responding to my touch. Dia bilang “Aaaa, aaaa” dengan mulut terbuka lebar. Kata pengasuhnya, Berti seneng banget kalo ada orang dateng jenguk dia. Look, kenalkan teman2, ini Berti.. Berti dari Riau, dia lahir tahun 2003, berarti Berti sekarang umurnya…… *count count count* 6 Tahun!! hehehe..

8916_1194209985834_1545977484_1676589_6049902_n

I tried to make all the kids laugh. Tapi kayaknya susaaah. Hihi. Oh ya, ada juga Marcell dan Ayu diruangan yang sama. Kalo Marcel, umurnya 4 tahun, tapi dia masih bertingkah layaknya bayi. Dia sukanya baca (liat) gambar di buku cerita, trus lucu banget kalo dikelitikin dia ketawa geli..Marcell juga bisa mata genit! lucuuuu!! :) Nah, kalo Ayu, dia korban kekerasan rumah tangga dari Aceh. Dulu dia juga korban Tsunami, ayahnya Ayu tega2nya menganiaya dia.. kalo gak salah Ayu sempet rame diberitain di media. Kasian dia, susah komunikasi, walaupun terus ngejalanin terapi. Ini Marcell sama Ayu :

8916_1193950659351_1545977484_1675973_7727298_n

ayu

Trus ada Lya, dia beda sendiri, kalo temen-temennya hydro, dia justru mikro.. kepalanya semakin mengecil, jadi kerucut, padahal umurnya udah satu tahun, tapi dia masih keliatan kaya anak bayi, Lya is a very special little one, dia biasa digendong-gendong sama temen2 yang jenguk kesana. Because she’s simply adorable. Gendut pipinyaaa, lucuuuu…. here’s Lya..

Lya

Buat saya sendiri, anak yang paling ninggalin kesan paling dalem adalah Reyhan. Dia sama kaya Berti, cuma umurnya lebih muda. Dia gak bisa ngeliat juga. Dia respon kalo ada sentuhan. I touched him. Saya belai-belai tangannya, perutnya, dadanya, kakinya, pahanya, pipinya….dagunya…. and guess what, dia ketawa! Dia bener-bener ketawa…. He touched my heart…. belum pernah saya liat ketawa sebahagia itu, seakan-akan seluruh kebahagiaan di dunia di tumpuk jadi satu di Reyhan. Sayang banget saya gak ada foro Reyhan. Tapi saya ada rencana main lagi kesana, nanti difotoin ya. Untuk sementara segini dulu, saya gak bisa ngomong apa-apa selain mengucap syukur aja.. satu contoh real buat saya supaya selalu bisa mensyukuri hidup saya sendiri…

Padahal saya dateng kesana dengan tujuan mau bikin anak-anak disana seneng… tapi nyatanya malah saya yang dibuat terharu dan bahagia karena ngeliat senyuman mereka…. thanks little fellas, i will definitely see you soon..sehat2 ya adik2kuuu…. :’)

berti

it's Pipi, singin Ello's song

it's Pipi, singin Ello's song

lagi main games sama pengasuh2nya

lagi main games sama pengasuh2nya

Meet Uya, dia punya kelamin ganda, sebentar lagi mau operasi, turns out it's goin to be a Male Surya!! yayyy!! Doain Uya yaaaa :) di sebelah kiri Uya itu pemilik Yayasan Sayap Ibu Bintaro..

Meet Uya, dia punya kelamin ganda, sebentar lagi mau operasi, turns out it's goin to be a Male Surya!! yayyy!! Doain Uya yaaaa :) di sebelah kiri Uya itu pemilik Yayasan Sayap Ibu Bintaro..

some of us

some of us

Sekian dari saya tentang baksos ramadhan kali ini….. i wish it inspires you guys as well… :D

bonus nih! huehauheuaheuae... *malu*

bonus nih! huehauheuaheuae... *malu*

6 thoughts on “Priceless Smiles :)

  1. antiu. aku terharu.. kasian bgt yah mereka..
    smoga mereka bsa tumbuh jd anak yang sukses yah.. jd anak2 yg bahagia..
    huhuhuhuhu..
    Lya lucu skali.. ak pengen peluuk dia..
    btw nti, mereka itu drmn ajah? anak yatim piatu smua? atau anak2 yg cacat dan ditinggalin org tuanya?

    • iyaaa, tapi disana mereka dirawat pani.. ada anak asuhnya yang ga dirawat disitu, kondisinya bikin prihatin banget pan, malah ada orang tuanya yang ga mau operasi anak mereka yang hydrocephalus karena mereka pikir anak itu bawa rezeki! (bayangin dong, itu orang tua macam apa coba..!! tega!!)

      nah, kalo yang di sayap ibu ini, asal mereka dari macem2 daerah, kaya si ayu itu, dia dari aceh, berti dari riau. mereka semua yang ditelantarin sama orang tuanya pan.. ada yang ditinggal di rumah sakit, malah denger2 dari temen gue, ada yang ditinggalin di kuburan!!

      amien ya Pani, walaupun sakit, setidaknya mereka tetep semangat. Oiya, ada satu anak cerebral palsy + autis + lumpuh namanya Tami, she’s a miracle, dia ngejalanin terapi sampe akhirnya bisa jalan lagi! hebat ya! Tami curious banget sama rambut gue, dia mainin rambut gue trus dia cabut satu, udah gitu dia mainin..huahua.. *untung Tami yang cabut, kalo bukan gue ngamuk kali, cakiit, hehehe*

      mereka bukan yatim piatu.. tapi anak2 yang ditelantarin orang tuanya pan.. how sad is that? udah cacat ganda, di buang pula… :'(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s