Idul Fitri


Seorang anak kecil ingusan berdiri mematung di samping mobil sisi kemudi. Warna bajunya pudar dan penuh corak yang menandakan lamanya Ia menghabiskan waktu di jalanan. Tatapannya tertuju pada tangan saya. Melihat gerak-gerik si empunya kendaraan, menanti apakah tangan ini akan merogoh saku atau malah memperlihatkan telapak tangan ke arah wajahnya. Anak kecil itu menanti.

“Untuk makan Bu, besok lebaran,” Ia berkata lirih. Kali ini Ia menemukan mata saya yang langsung dikunci tanpa saya dapat berpaling.

Hati ini bergejolak. Terngiang pesan di media, seorang pengendara di denda karena memberikan uang pada pengemis.

Batin ini memberontak. Anak ini butuh bantuan. Apalah arti uang saya yang mungkin dalam waktu setengah hari ke depan sudah berubah bentuk menjadi sebungkus rokok, atau satu piring nasi goreng plus lima tusuk sate ayam di pinggir lapangan. Anak ini harus mengecap sesuatu yang hanya bisa Ia dapatkan dari pemberian saya.

Mungkin saya salah, tapi biarlah Tuhan yang menilai. Niat saya tidak lebih dari sekedar ingin membagi kebahagiaan di hari yang suci ini.

Segenap hati, saya turunkan kaca dan memberikan satu lembar uang rupiah.

Anak ingusan tadi tersenyum,

“Makasih banyak Bu, minal aidin wal faidzin,”

dan langsung berlari senang ke pinggir karena warna lampu sudah tidak lagi merah.

Saya masih meringis dalam hati, berpikir bahwa Tuhan pasti maha adil, cobaan kepada hambaNya tidak akan melebihi kemampuannya.

Saya bergumam,

“Selamat hari lebaran, anak kecil,”

dan memaknainya dengan sungguh.


Mohon maaf lahir dan bathin,

Hadirkan keikhlasan dan pintu maaf di hati, semoga suci kita kembali.

Selamat Hari Raya Idul Fitri.


Leave a Reply

