How I Study


Setiap orang punya cara belajar yang beda-beda. Nah, gue gak pernah tau gimana cara belajar orang-orang selama ini. Gak salah dong gue share gimana cara gue belajar (yang menurut gue paliiing efektif) buat gue.

Here goes :

  • Kalo gue ada tugas presentasi, gue selalu paling heboh. Tapi jarang juga gue begadang buat prep. Palingan cuma kuat sampe jam 2an. Jadi yang gue lakukan kalo mau presentasi adalah, gue baca berulang-ulang buku gue. Dan selalu ambil poin dari setiap bahasan. Gue sangat menghindari presentasi sambil baca materi, itu sama aja bukan presentasi namanya. Yang gue lakukan adalah, nyiapin slide (power point) dengan gaya gue, bener-bener ngerti isi dari setiap slide yang gue persiapkan. Oleh karena itu, jangan heran kalo slide gue buanyak, haha. Gue orangnya grogian, apalagi kalo ‘merasa’ jadi pusat perhatian, leher gue pasti kaku dan jadi susah nengok, akhirnya terpaksa gue harus ngelemesin otot leher, gimana caranya? Persis seperti yang dilakukan banyak petinju kalo mau bertanding, haha, serem ye bo. Nah, sering juga nih kejadian, gue selalu tampil ‘blo’on’ dihadapan teman-teman. Mungkin kebawa juga dari jaman gue kuliah di Tarakanita dulu. Jadi, di Tarakanita itu ada kurang lebih empat subject bahasa inggris, untuk subject reading dan speaking, kita dituntut buat present. Mana pernah sih gue presentasi serius? Pernah suatu saat, gue sama sekali ga prepare mau presentasi apa, dan gue memutuskan untuk mulai dari udara, awalnya gue ngomongin gosip si dewi persik sampe akhirnya ngereview buku yang baru gue baca, yak, sudah pasti dengan gaya gue yang selenge’an, yang kebawa sampe sekarang…bad presentation. I know. *sigh*
  • Cari temen belajar. Temen belajar beda sama temen main. Yah, mungkn beda cerita kalo misalnya temen main kalian juga bisa multifungsi, tapi dalam kasus gue, they can’t. Yang ada gue akan berakhir becanda, atau malah belajar sendiri-sendiri. No discussion. Thank God, I have found mine. Temen-temen gue dikampus sekarang is a perfect study partner, yet mereka bisa juga jadi tempat keluh kesah gue. Tapi gue gak bisa terlalu bonding sama mereka, karena gue gak terbiasa dengan koneksi yang sangat tight sampe kemana-kemana harus bareng-bareng. So, here they are, temen-temen kampus gue..

Adit, Penci, Reza, Gilang, (bukan temen kampus, aku lupa namanya siapa, huaa), Juki, Moncay, Anti, Lala, Amel

  • KONSENTRASI. That’s the key. Sampe kadang gue harus pergi menyendiri khusus buat belajar. Sampe dibilang freak sama temen gue, siyal, huh! Biasanya gue milih coffee shop yang sepi, tinggal bawa materi dan gue bisa mojok seharian di coffee shop itu. Rekor paling lama sih di Coffee Bean TIS Square, dari yang sepiiii banget sampe rame, sampe sepi lagi, haha. Justru dirumah gue ga bisa konsentrasi karena terlalu banyak distraksi, ya seperti sekarang ini. Gue baru jalan satu bab dari 8 bab yang harus gue abisin. Well, sebenernya tinggal ngulang, tapi rasanya maaaaaleeees banget..huuuh.

So, ok, itu aja kayaknya, yang pasti, nyatet ga pernah berhasil buat gue, paling gue langsung corat coret dibukunya. Karena biasanya gua jarang bacain tulisan gue sendiri, hahah. Udeh ah, ini sebenernya gue lagi setres aja.. -___-”

Leave a Reply

