Pagi di 502


Jangan salahkan gue klo mulai saat ini gue akan serta merta mengeneralisir satu kelompok berdasarkan pengalaman gue.

Listen to this, salah satu basic rules of riding a public transportation adalah: Spare YOUR space for the elder or preggy women or handicaps, or whoever with whatever condition you think they deserve YOUR seat. Apa sih maksudnya? Gini lho, klo masih merasa muda ya kasih dong tempat duduk lo buat nenek-nenek yang even berdiri pun gemeteran.

Oke, jadi gini, tadi pagi gue terpaksa harus naik bis, yaudahlah ya, gue seneng naik bis, ngeliatin orang banyak dan macem-macem tingkahnya. Nah, bis yang gue naikin itu nomer 502, jurusan depan halte BRI Otista sampe depan Wisma Antara (haha, honestly, gue gak tau itu bis jurusan mana). Gue dapet tempat duduk di belakang sebelah kanan karena masih agak sepi, gak berapa lama bis mulai rame. Naiklah nenek-nenek yang bongkok, dia gak kebagian tempat duduk, akhirnya berdiri di dekat pintu masuk yang depan. Diantara ramenya orang-orang, gue merhatiin nenek itu, dia lagi celingak-celinguk cari orang yang rela give their seat to her. Sebelum nenek itu, ada laki-laki yang udah duluan ngasih tempat duduknya buat ibu-ibu (yaa, lebih muda dikit lah dari si nenek ini), nah si nenek ini berdiri di sebelah mba-mba yang rambutnya di catok sampe liciiiin banget lengket sama kepala, pake cardigan hitam, baju merah dan lagi asik dengerin lagu dari henponnya.

Satu menit, dua menit, no one even looked at the granny. Gue gemes banget, apalagi deket nenek itu juga ada anak sma (cewek) yang planga plongo kaya sapi.

Akhirnya gue nyuruh keneknya manggil si nenek (soalnya jauh banget jarak gue sama si nenek) biar dia duduk di kursi gue. So, akhirnya si nenek duduklah tuh ya ditempat gue (setelah gue bersusah payah bangun diantara kerumunan orang-orang yang berusaha ngerebut tempat gue! gile ye, ga abis pikir deh gue!).

Nah, gak berapa lama gue berdiri, ada satu orang yang mau turun dan kebetulan bangkunya persis banget disebelah gue berdiri. Dan lo tau apa? Anak SMA pake rok panjang abu-abu kemeja kotak-kotak warna merah, masker warna biru, earphone menjuntai dari pundak, rambut di BONDING lurus, grabak-grubuk nyelak gue dan dia duduk dengan manisnya didepan gue.

GRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR.

Bukan masalah duduknya!! Tapi attitude tu anak yang bikin gue geregetan setengah mati sampe gue bisa banget ngerasain muka gue merah karena nahan marah.

Gini deh, belakangan ini gue ngerasa anak sma itu makin pinter, bisa menang olimpiade fisika yang berskala international, dll, tapi kemana segi humanitynya? Karena jarang gue denger anak sma yang menonjol dalam bidang kemanusiaan. Mungkin gue yang kuper atau kurang informasi, tapi gue berpikiran seperti itu dan sangat berharap gue salah.

Tapi hari ini gue menemukan justifikasi atas pikiran gue itu. On my very eyes, gue nyaksiin sendiri seberapa mereka gak peduli sama nenek-nenek dan attitude mereka yang minus banget di mata gue..sembarangan deh tuh anak cewe sma..mudah-mudahan anak sma lain masih punya hati buat ngasih tempat duduk ke orang lain.

Leave a Reply

