Rekrutmen Bank Indonesia 2012 (PCPM30)


Ayo ayo siapa mau coba peruntungan kerja di Bank Indonesia? Baru dibuka hari Senin kemarin (9 – 13 Januari 2012) untuk posisi PCPM (Pendidikan Calon Pegawai Muda) setingkat staff dan MLE (Multi Level Entry) dr tanggal 9 – 15 Januari 2012), dengan minimal pendidikan S1, IPK 3.0 dan TOEFL ITP 500 untuk PCPM. Here’s the link :

http://ppm-rekrutmen.com/bank_indonesia/

Gue tadi pagi baru aja daftar (belom kapok-kapok juga ye). Daftar ini dalam rangka iseng-iseng, aslik gaya banget iseng-iseng haha. Iya soalnya kalo gue seriusin ntar ngarep banget deh..hihi..

Kalo gue lolos di tahap-tahapnya pasti gue update disiniiii..anyway, bagi yang ngalamin error pas pendaftaran (ga dikirim email konfirmasi, misalnya), bisa hubungin langsung PPMnya (no telp ada di bagian bawah web). Tapi alhamdulillah ya gue lancar-lancar aja tadi pagi, setelah selesai daftar, sepersekian detik kemudian langsung dapet email konfirmasi nomor registrasi ogut.

Eh iya, biasanya gue mantengin thread di KASKUS khusus buat yang ikut rekrutmen BI. Ini thread tadinya buat golongan 2 alias PTU, tapi yang gagal lolos PTU rupanya lanjut nyoba PCPM, heuheu (iyeee, gue salah satunyeee). Nih link KASKUSnya, monggo ikutan rame-ramean disitu yeey..

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5809380

Good luck buat yang nyoba, doain gue lolos yee.. Meskipun susah, yang penting nyoba!

Updates :

Tahap Seleksi Administrasi

Alhamdulillah akyu lolos seleksi admin, meskipun IPK tipis2 di angka 3, ternyata lolos juga, huehue. Waktu mau liat pengumuman, as usual, webnya ngadat lagi. Server over load (mungkin), too many people visited the site, kalo kata bosnya PT ASI yang dulu handle rekrutmen PTU BI “It’s like trying to fit an elephant into a two door refrigerator,” (iyes, gue sempet ngobrol sama yang empunya PT ASI pada suatu sore di lobby apartemen daerah Semanggi, biasa, urusan cari kerja..wkwkwkk..interpiu cyinnn).

Next thing to do : persiapan buat tes Tahap I (Tes Kemampuan Umum, Pengetahuan Umum dan Pengetahuan Khusus). Soalnya apa aja? Ummm, berdasarkan pengalaman, mungkin soal TPU berkisar tentang tata negara dan sekitarnya (ape cobe ga jelas). Yang gue gak tau itu Tes Kemampuan Umum, sama gak ya sama TPA (Tes Potensi Akademik)? Kalo sama, tesnya mungkin verbal, matematika dan gambar. Nah kalo pengetahuan khusus, mungkin sekitar Perbankan. Hmmm, mungkin bisa cari contoh soal di internet atau sekalian mampir ke toko buku terdekat utk beli bank soal TPA dan TPU kali yaa? Well, itu semua dari yang gue tau yaaa, kalo ternyata pengetahuan gue belum benar adanya, mohon arahan selanjutnya dari Bapak..huhu kenape jd kaya ngirim imel ke bos? -_-“

Good luck mates! ;)

Tahap II

Tanggal 25 Februari 2012, gue dateng ke PPm di Menteng untuk ikutan seleksi tahap selanjutnya; Bahasa Inggris dasar dan Psikotest. Bahasa Inggrisnya ada 100 soal, gimana soalnya? bener-bener dasar, struktur, grammar, you call it..  Siapin aja baca-baca..

Psikotestnya seperti tes-tes pada umumnya, pertama disuruh jawab 225 pertanyaan, and then gambar2..

Waktu tes sekitar 4 jam, make sure udah isi perut dulu yaaa..

Selamat berjuang! :)

Tahap III

Yahuy, aku berhasil melalui tes Tahap III tanggal 13 Maret 2012 di Gedung A PPM – Menteng. FGD dan interview individual wes tak njalani. Tips dari ekeu : santai ajah, suasananya gak seseram yang dibayangkan kok! Should you have any further questions regarding this, leave your comment ya, I’ll reply thru email :)

Ps. Pengumuman tes tahap III tanggal 30 maret 2012, berdoa dimulai!

62 thoughts on “Rekrutmen Bank Indonesia 2012 (PCPM30)

  1. Sis, sudah dicek di emailnya? Nomor registrasinya ada gak? Selain alamat email,password dan lainnya.

    Email balasan ke saya tidak ada noreg nya,sdh tlp tgl 10nya,smp skrg blm di email bales :(

    • Dapeeet..

      No. Registrasi Anda : 026***/041***/2/PCPM30/JKT/BI

      Sabar dulu ajah, yang penting udah ke record kan datanya? Mungkin lagi diperbaiki karena banyak yang ga dapet no registrasi juga..

      Semoga cepet dibenerin sm PPM.. masih ada waktu sampai hari Jumat nih, jadi coba ditanya terus ajaaa.. Sabar yaaa :)

  2. sis aku mau tanya ya,,aku lulus seleksi adm,,,,,aku kan dari d3 lanjut ke s1 tapi bingung di form cv nya hanya ada 1 kolom perguruan tinggi kalo aku hanya isi dari s1 itu kan itungan nya hanya 2 tahun takutnya gara2 itugak lulus deh,,,,

    bagi kisi2 ujian nya dunk sis apa aja itu biasanya?

  3. Assalammu’alaikum wr wb…sore sista salam kenal ya, saya lg coba browsing2x di internet nih cari contoh2x soal test tahap I BI dan saya antusias sekali untuk mengikuti test BI nanti…kalo sista berkenan boleh donk dikirimin juga ke email saya contoh2x soal pengetahuan umum n kemampuan umun untuk test BI yang sista punya ke email supriadinata@hotmail.com…Terima kasih ya sebelumnya..Wss

  4. Malam sist.. salam kenal.. saya lg coba browsing2 di internet nih bwt cari cth2 soal test tahap 1 BI dan sya antusias bgt untuk mengikuti test BI ini,,y nmanya jg usaha.. smoga bs membahagiakn ortu :) Amin..sy juga mau dunk dikirimin contoh soal2 nya ke starlight_eva@yahoo.com

    Trimakasih byk :) :) Smangatttt….. Smangattt….

  5. Mba anti..kira-kira pengumuman tahap III PCPM BI diberitahukan lewat mana y?
    Thanks..jadwalnya tgl 30 maret bukan? pukul brp yah?

  6. Sori ganggu,bisa minta tolong gak?mau juga dong dikirimin soal” bahasa inggris dan kemampuan umum dan kemampuan khusus ke email :small.heroes@yahoo.com
    tolong yah..makasih :)

  7. Sis.. ada tahap FGD nya yah? aq biasanya gagal tahap FGD sampe frustasi bgt padahal uda 3 buku super tebel aq pelajari tp FGD bikin sebel,.. btw knp kok buat jurusan komunikasi kadang ada kadang ga ada sih? skali penerimaan gitu brp ribu orang? tahun 2013 pake expert yah ? emg klo udah nikah ga bs ikut yah? tolong bls yah sis?makasih..

    • Ada FGD, waktu aku tes di tahap 3, iya sama akupun beberapa kali gagal. Pas lolos justru pas aku ga ngikutin pakem dr buku..lepas aja, natural diskusinya ga dibuat2.. anyway, aku gak tau yah knp dari komunikasi jarang ada, mungkin mapping kebutuhan sdm di departemen komunikasinya udah cukup kali? Hehe nebak2. Yang daftar bs puluhan ribu, nembus 40rb waktu pendaftaran sebelym2nya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s