Anti dan Berat Badan


Belakangan ini gue dipusingkan dengan masalah berat badan. Let’s be honest, gue memang overweight (saat ini), hasil BMI gue adalah gue obess. Masalah BMI ini gak pernah jadi center of my attention. BMI gue melonjak naik pada saat gue hamil Nara, the last one month I carry her in my womb, berat gue naiiiikkkkk ke puncak gunung, nyentuh angka 93 Kg. Surprise surprrrriiiiise.. gue yang pernah make jeans ukuran 25 sampe pusing tujuh keliling nyari celana yang muat, well, at that time, the only pants I could wear was CELANA HAMIL. Yeah, my lovely slouchy pants.

After Nara was born, berat gue turun jadi 84 Kg. Yeah, all that baby fat still clinging on me. Tapi berat badan gue gak pernah gue pikirin, I mean, yeah I know I’m overweight, so what?

Long story short, i’m in my 80-84 Kg for 2 years, until I got accepted at OJK (Otoritas Jasa Keuangan) this mid year.

I was so happy I passed all the tests, tapi di dunia ini gak ada yang gratissss coyyyyy.. It came with a price.. harganya dalam bentuk surat pernyataan antara gue dan DSDM untuk menurunkan berat badan. Surat Pernyataan di atas meterai Rp6.000,-. How cool is that?

So I have to reduce my weight, 8 kg to be exact, dikasih waktu 6 bulan or else pengangkatan gue ditunda 3 bulan.

Stress donk gue?! ASLIK. Gue langsung diet. Dalam waktu sebulan gue berhasil menurunkan berat badan almost 5 Kgs. Asli tinggal 3 Kg lagi gue bebasssss… Ups.. ngomong sih enak tinggal tiga bulan lagi ya? Nyatanya, secara tidak sadar, sisa waktu gue yang tinggal 5 bulan gak gue pergunakan dengan baik. I gained 3 Kg. Balik ke 82 Kg.

Gue pikir masalah berat badan ini gak akan di follow up lagi sama DSDM, but I was totally wrong! Last week DSDM called me and I should submit my newest Surat Keterangan Sehat with my weight stated in it. Pusing tujuh keliling awak.

Langsung gue kepikiran buat sedot lemak, tapi gue mesti jual mobil dulu tuh kayenye..hahaha.. as desperate as it may seem, gue akhirnya memutuskan untuk nyoba juice detox.

I took 3 days detox from http://www.konijuicery.com it costs me half a million, but it worth it. Dengan hanya mengkonsumsi juice selama 3 hari, gue berhasil nurunin berat badan for almost 4 Kg. Macannnnnnnnnn, gue seneng banget. Worth every penny. Itu cuma 3 hari loh. Tapi emang berat banget sih, biasanya ngemil sekarang bener2 gak bisa makan.

Setelah juice detox, what then?

Ok, waktu gue submit Surat Keterangan Sehat tinggal 1 minggu lagi, it means, gue masih punya utang banyak. Mana gue harus dinas ke Bandung selama seminggu, which setiap coffee break pasti godaan cemal cemil gede banget. What can I do? Aku kudu piye?

Well, I hit the gym, every morning. Tidak makan nasi. Tidak makan manis-manis. Jujur, selama proses ini gue stress, gue ngerasa I was humiliated dan tidak dihargai hidupnya, itulah kenapa gue sering cuap2 di media sosial gue, hanya untuk melihat reaksi teman2, and yes, ternyata mereka satu pikiran sama gue. No need a rocket scientist untuk menjelaskan kenapa gue suka memuntahkan kembali makanan yang udah gue makan. I know, I was in my bottom rock.

Tapi, setelah gue posting macem2 tentang ketentuan yang diterapkan oleh kantor gue, pada awalnya komentar yang gue dapet bener2 negatif, tapi lama kelamaan, they are accepting. They keep encourage me walau masih dengan keadaan terheran-heran dengan peraturan itu.

Melihat perubahan respon teman-teman, gue sedih, harusnya gue juga bisa seperti itu, tetep berusaha, menerima, ambil positifnya. Ini buat kebaikan gue juga. I don’t like being fat. I really don’t. Gendut itu bikin gue susah segala macem. Napas susah, bergerak malas, cepat emosi, wah ga enak banget deh..

So I changed the way I think, reverse thinking. Kalo selama ini gue selalu menerapkan reverse thinking in everything I do, trus kenapa saat ini gue gak bisa begitu? So, yeah, here I am, in my 74 Kgs body.

I lost 10 Kgs.

And more to come.

2 thoughts on “Anti dan Berat Badan

  1. Wooww, ternyata beneran dicek lg ya mba? Senasib nih kita. Disuruh nurunin BMI sampe dibawah 30. Bner gitu kan ya?
    Itu ngecek kesehatannya atas biaya sendiri atau ditanggung oleh perusahaan? Surat keterangan sehatnya bs dibuat dmn?

    • Sorry baru buka blog lagi nih hehehe, iyaa bener sampe BMI dibawah 30,, ngecek kesehatan sendiri dengan biaya sendiri haha.. bisa minta ke klinik kok Mas gak harus ke RS.. good luck!

Leave a Reply

